Tips Berkendara Yang Nyaman Saat Musim Hujan

March 26, 2010

Kondisi Jalan raya memiliki kondisi yang beragam. Beberapa bagian berupa jalan yang halus dan mulus, beberapa ada yang bergelombang, bahkan berlubang-lubang. Jika kondisi cuaca cerah hal yang dihadapi di jalan raya tidak terlalu berat bagi pengendara sepeda motor. Namun sebaliknya bila sudah memasuki musim penghujan. Perlu adanya perhatian lebih terhadap sepeda motor, hal ini untuk lebih melindungi pengendara dari kecelakaan.Berikut ini tips untuk menghadapi kondisi jalan yang beragam saat musim hujan.

 

Pemeriksaan Kembang Ban

Ban adalah bagian yang vital pada sepeda motor , apalagi digunakan pada  saat hari hujan. Untuk mendapatkan kinerja maksimal, ban harus dirawat dengan baik. Ban yang aus akan berkurang kemampuannya baik dalam ketahanan maupun fungsi traksinya. Sebaiknya ban diganti jika kembang ban sudah tinggal sedalam 0.8 mm. Jangan menunggu ban benar-benar gundul. Karena Saat melewati genangan air. Alur Ban tersebut akan menyalurkan air kearah samping ban. Jika tidak ada alurnya Air tidak dapat di distribusikan kearah samping akibatnya ban terangkat diatas permukaan air. Hal tersebut akan membuat sepeda motor oleng. Perhatikanlah hal hal berikut ini :

 

  1. Gunakan tipe ban yang tepat sesuai dengan kondisi penggunaan, kapasitas pembebanan dan kecepatannya.

Tips : Jika melakukan penggantian Ban, Sebaiknya menggunakan merk dan Tipe yang sama antara Ban Depan dan belakang. Tipe kembang yang berbeda akan menyebabkan kinerja Ban berlainan. Cara aman gunakanlah tipe Ban yang direkomendasi oleh Pabrikan sepeda motor yang anda pakai karena pasti pihak pabrikan sudah melakukan test dengan berbagai kondisi cuaca. 

 

  1. Tekanan ban harus dijaga sesuai spesifikasi pabrikan.

     Walaupun hal ini sangat penting dan mudah untuk dilakukan, namun banyak      pengguna motor yang tidak memperhatikannya. Standar untuk mobil tentu saja       berbeda denga motor.

Pemeriksaan tekanan Angin pada Ban , sebaiknya sesuai standard (Bacalah spesifikasi Pabrik pada buku panduan Pemilik). Jika terlalu rendah tekanannya Sepeda motor terasa berat saat dikendarai dan akan mudah bocor karena Ban Bagian dalam akan bergesekan dan menimbulkan panas berlebih. Jika terlalu tinggi tekanannya akan terasa tidak stabil pada kecepatan menengah dan tinggi karena permukaan ban yang menyentuh permukaan jalan terlalu kecil.

 

  1. Pasanglah Tutup pentil , karena akan mencegah masuknya kotoran dan juga berfungsi sebagai penyekat tambahan untuk menghindari udara keluar melalui celah-celahnya.

 

  1. Jika anda memakai ban tubeless (tanpa ban dalam), usahakan saat mengganti ban dengan yang baru, ganti juga pentilnya karena pada pentil terdapat O ring yang terbuat dari karet yang akan berubah sifat kekerasan dan elastisitasnya seiring dengan waktu pemakaiannya. O ring yang sudah mengeras biasa akan retak sehingga mengakibatkan kebocoran.

 

  1. Disarankan saat mengganti ban luar, ban dalam juga diganti bersamaan. Ban dalam yang sudah lama dipakai, akan mudah mengalami kebocoran. Apalagi jika  sudah terlalu banyak tambalannya.

 

 

 

Pemeriksaan Sistim pemasukan Bahan Bakar & Karburator

 

Saat hujan menyebabkan kadar udara (02) sebagai pencampur bahan bakar yang disedot oleh karburator banyak mengandung air sehingga jika kondisi Sistim Bahan bakar seperti Tanki Bahan Bakar, Kran Bahan Bakar dan pipa bahan bakar terdapat karat atau kandungan air akan mengakibatkan kinerja mesin tersendat. Hal itu akan lebih menyusahkan dalam kondisi hujan. Datang ke Bengkel Resmi yang ditunjukan oleh pabrikan automotif  yang disarankan untuk perawatan berkala.

 

Pemeriksaan Oli Mesin.

 

Saat hujan kondisi udara yang banyak mengandung air dan terdapat genangan air di beberapa jalan yang tinginya  lebih dari 30 cm (ukuran lutut orang dewasa) tentunya akan memudahkan air masuk ke dalam mesin dan tercampur dengan oli. Hal itu mudah dideteksi pengendara yaitu dengan melihat oli apakah berubah warna menjadi PUTIH SUSU. Jika ya artinya air sudah tercampur. Segera lakukan penggantian oli jika telah melewati jalan banjir yang cukup tinggi. Hal ini guna menghindari kerusakan yang lebih parah pada mesin.

 

Pemeriksaan Filter Udara.

 

Air dapat masuk juga lewat filter udara. Terutama jika melewati genangan air yang cukup tinggi atau banjir. Lindungilah filter udara memakai plastik dan sisakan celah untuk menghisap udara untuk pembakaran.Jika air tidak terlalu tinggipun berpotensi masuk ke mesin terutama jika kendaraan roda empat melaju disamping sepeda motor atau dari arah berlawanan. Akan membuat gelombang air dan menghantam bagian depan motor akibatnya air masuk melalui filter udara. Jika jumlah air terlalu banyak yang masuk , akan berakibat yang lebih parah yaitu Water Hammer. Water hammer adalah pukulan yang keras pada ruang bakar yang menyebakan kerusakan parah pada mesin seperti : Bengkoknya tangkai torak (Connecting Rod), Piston Pecah. dll.

 

Pemeriksaan Sistim Pengereman.

 

Periksalah fungsi kerja Rem depan dan belakang, lakukan simulasi pengereman sebelum mengendarai beberapa kali untuk memastikan fungsinya bekerja dengan baik, selain fungsi deteksilah apakah ada suara berdecit jika ya, artinya permukaan Lining Kanvas Rem sudah licin dan perlu perawatan. Jika fungsinya terasa kurang baik periksalah ketebalan Rem dengan melihat langsung tebal Pad (Rem Disk) dan lihat indikator ketebalan pada Rem tipe Drum. Jika terlalu kecil segera lakukan penggantian di Bengkel Resmi.

 

Pemeriksaan Sistim Kemudi

 

Yang terakhir, periksalah sistem kemudi, karena diperlukan kestabilan yang baik saat berkendara saat hari hujan. Disamping itu sulit memprediksi kondisi jalan seperti lubang , bebatuan atau saat menghindari pengendara lain yang tiba tiba berhenti. Mintalah mekanik Bengkel Resmi untuk memeriksanya. Atau anda bisa lakukan tips berikut untuk pemeriksaan awal :

 

1. Posisikan sepeda motor pada Standard Utama (standard berdiri/Main Stand)

2. Peganglah kedua Front Fork (Fork Depan) sambil berjongkok

tapi sebelum itu pastikan Posisi Jari tangan anda tidak terlalu dekat dengan         disk Brake Depan karena akan terluka. Kondisi Sepeda motor tidak goyang goyang.  dan pastikan disekitarnya tidak terdapat orang lain.

3. Dorong dan tarik kearah depan dan belakang

4. Rasakanlah apakah terdapat kelonggaran atau tidak.

 

Jika terdapat kelonggaran(Oblak), segeralah minta mekanik untuk mengencangkannya dan periksa kembali berat dan ringan gerakan kemudinya

Tips Seo Lebih Lanjut

March 25, 2010

Hal-hal yang diperhatikan dalam melakukan SEO
 
Setelah kita mengupas tentang tutorial SEO ini, ada baiknya sebagai blogger, kita sudah memahami beberapa hal di bawah ini, sebagai tambahan tips SEO :
 
1. Pastikan bahwa blog kita dengan domain yang tepat sudah terdaftar dan terindex Google atau search engine.
2. Pahami benar meta tag HTML seperti title, keyword, deskripsi seperti yang telah di bahas diatas.
3. Perhatikan kekuatan pesaing Anda.
4. Google bersifat dinamis jadi sering-seringlah mengupdate blog anda.
5. Usahakan mensubmit ulang / mendaftar ulang ke mesin pencari bila dirasakan kita telah banyak mengubah setingan dari blog. Namun jangan sering-sering agar blog tidak masuk sandbox.
6. Lakukan blogwalking sesering mungkin, tinggalkan coment yang berkualitas dan datang kan trafik sebanyak mungkin.
7. Buat lah artikel yang benar-benar orisinil dan unik buatan Anda, kenapa harus
orisinil? Karena blog Anda akan lebih dihargai dari pada sekedar copy paste.
8. Perhatikan dan pahami betul tentang OnPage SEO dan OffPage SEO.
9. Optimasi SEO memerlukan waktu, maka bersabar dalam bertindak

Mencari Backlink Gratis berPagerank Tinggi

March 24, 2010

Mencari Backlink Gratis selalu menjadi topik yang diminati oleh para blogger. Seni SEO memang terkadang bisa menjadi mengasyikkan ketika apa yang menjadi target tercapai, terkadang juga membuat suntuk dan gondok bila menemui kebuntuan. Teknik-teknik mencari backlink gratisan diuji dan hasilnya berbagi pengalaman bagi pra blogger.

Backlink adalah suatu cara yang kita lakukan agar website kita memiliki page rank yang tinggi. Membuat backlink gratis bisa dilakukan dengan mengunjungi dan memberikan komentar kepada website yang lainnya atau bisa juga dengan memasukkan website kita kedalam blog directory yang ada.

Tujuan dari membuat backlink ini adalah untuk mendapatkan impresi yang tinggi. Misalnya dengan memberikan komentar kepada suatu website maka suatu saat website kita juga akan dikunjungi oleh orang lain.

Kalau sudah mencoba membuat backlink dengan memberikan komentar kita kepada website yang lainnya maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba cara yang kedua untuk membuat backlink, yaitu dengan memasukkan situs kita kedalam directory yang ada.

Masukkanlah situs-situs Anda ke directory atau buku alamat dengan ranking atau peringkat yang tinggi dan Anda akan mendapatkan backlink yang begitu berharga kesitus-situs Anda. Sebelum Anda memasukkan situs-situs Anda lakukan tip-tip dibawah ini:

1. Masukkan situs Anda dua atau tiga kali dalam sehari. Jangan mensubmit terlalu sering karena hal ini akan dianggap spam atau sampah oleh Google

2. Buat submisi yang unik dalam diskripsi

3. Pilih kategori yang paling relevan

4. Harus selectif. Anda tidak harus memasukkan halaman utama atau home page situs Anda.

Directory yang menawarkan submisi secara gratis sering meminta backlink, tetapi karena ini semua gratis maka tetap saja directory ini berharga.

http://www.dmoz.org/8
http://www.la-ma.org/ 6
http://www.mxdu.com/ 6
http://www.jayde.com/ 6
http://www.mygreencorner.com/ 6
http://www.ghinmeca.com/ 5
http://directory.classifieds1000.com/ 5
http://www.concensus.org/ 5
http://www.directorydice.com/ 5
http://www.domaining.in/ 5
http://www.freewebsitedirectory.com/ 5
http://www.illumirate.com/ 5
http://www.info-listings.com/ 5
http://www.publimix.net/ 5
http://searchsight.com/Directory.htm /5
http://www.uc33.com/ 5
http://www.amray.com/ 4
http://www.a1webdirectory.org/ 4
http://www.boshuda.com/ 4
http://www.businesspagesupdate.co.uk/ 4

Daftar ini akan menjadikan Anda begitu sibuk selama dua hari.
sumber:sumintar.com

 

 

tag:backlink gratis, seo, blog directory