Panduan Membaca Prosessor Laptop

March 18, 2010

Mungkin bagi beberapa orang untuk membaca nomer seri pada prosesor seringkali membingungkan, karena banyak variannya, beberapa nomor agak mirip dan tidak kelihatan bedanya. Terutama yang mau mencari laptop, dimana terkadang dalam spesifikasinya tidak tercantum berapa Clock memory, cache dan FSB nya.

Di bawah ini saya cantumkan klasifikasi dari nomor seri prosessor yang diambil dari sumber di internet

Intel Celeron M Processor 410 (1,46GHz, 1MB cache memory, 533MHz FSB)
Intel Celeron M Processor 420 (1,6GHz, 1MB cache memory, 533MHz FSB)
Intel Celeron M Processor 430 (1,73GHz, 1MB cache memory, 533MHz FSB)
Intel Pentium M Processor 740 (1,73GHz, 2MB cache memory, 533MHz FSB)
Intel Pentium M Processor 750 (1,8GHz, 2MB cache memory, 533MHz FSB)
Intel Pentium M Processor 760 (2,0GHz, 2MB cache memory, 533MHz FSB)
Intel CoreDuo Processor T2050 (1,6GHz, 2MB cache memory, 533MHz FSB)
Intel CoreDuo Processor T2300 (1,66GHz, 2MB cache memory, 667MHz FSB)
Intel CoreDuo Processor T2300E (1,66GHz, 2MB cache memory, 667MHz FSB)
Intel CoreDuo Processor T2400 (1,83GHz, 2MB cache memory, 667MHz FSB)
Intel CoreDuo Processor T2500 (2,0GHz, 2MB cache memory, 667MHz FSB)
Intel Core2Duo Procesor T5200 (1,6GHz, 2MB cache memory, 667MHz FSB)
Intel Core2Duo Procesor T5500 (1,66GHz, 2MB cache memory, 667MHz FSB)
Intel Core2Duo Procesor T5600 (1,83GHz, 2MB cache memory, 667MHz FSB)
Intel Core2Duo Procesor T7200 (2,00GHz, 4MB cache memory, 667MHz FSB)
Intel Core2Duo Procesor T7400 (2,16GHz, 4MB cache memory, 667MHz FSB)
Intel Core2Duo Procesor T7600 (2,33GHz, 4MB cache memory, 667MHz FSB)

AMD Turion 64 ML34 (1,8GHz, 128KB cache memory)
AMD Turion 64 MK36 (2,0GHz, 512KB cache memory)
AMD Turion 64 ML37 (2,2GHz, 1MB cache memory)
AMD Turion 64 X2 TL50 (1,6GHz, 512KB cache memory)
AMD Turion 64 X2 TL60 (2,0GHz, 2×512KB cache memory)

Semoga informasi tersebut berguna bagi anda.

Penjelasan beberapa istilah yang sering digunakan untuk prosesor:

Arsitektur: Rancangan dasar mikroprosesor yang mungkin menyertakan teknologi proses atau pengembangan aritektur yang lain.

Cache Memory (MB/KB): adalah tempat penyimpanan sementara untuk data yang sering atau baru diakses. Menyimpan data tertentu dalam cache akan mempercepat operasi komputer. Besar cache diukur dalam megabytes (MB) atau kilobytes (KB). Semakin besar semakin bagus.

Clock Speed (MHz/GHz): adalah kecepatan internal prosesor, menunjukkan seberapa cepat prosesor dapat memproses data. Clock speed biasa diukur dalam megahertz (MHz) atau gigahertz (GHz). Semakin besar semakin bagus.

Front Side Bus / FSB (MHz/GHz): menunjukan seberapa besar kecepatan jalur yang menghubungkan antara prosesor dan komponen penting lainnya. Kecepatan front side bus diukur dengan satuan megahertz (MHz) atau gigahertz (GHz). Semakin besar semakin bagus.

Celeron: adalah keluarga mikroprosesor buatan Intel Corporation dengan arsitektur Pentium II, tetapi dengan sedikit pengurangan Memori cache demi mempertahankan faktor ekonomis. Memori cache L2 Celeron hanya berukuran 128 KB, sementara Pentium II memiliki memori cache L2 sebesar 512 KB.

Intel Pentium M: adalah sebuah mikroprosesor Intel x86 yang didesain oleh Intel untuk digunakan secara eksklusif untuk komputer portabel, semacam Notebook atau PC Tablet. Pentium M pertama kali dirilis pada bulan Maret 2003, bersamaan dengan chipset Intel 855, dan kartu adapter jaringan Intel PRO/Wireless 2100 Mini PCI, yang kemudian lazim dikenal dengan sebutan Intel Centrino jika ketiga komponen tersebut disatukan dalam satu sistem. Hasil desain tersebut, menjadikan Pentium M menawarkan performa yang sebanding, atau bahkan lebih cepat dibandingkan dengan prosesor Pentium 4, dengan tetap menekan penggunaan daya dan juga menekan terjadinya panas berlebih.

Dual Core / Core Duo: adalah penggunaan dua buah inti (core) prosesor dalam sebuah kemasan prosesor konvensional. Dual core (inti prosesor) ditempatkan pada sebuah CPU untuk meningkatkan kinerjanya. Setiap core ini tidak lebih cepat dibanding CPU biasa dengan clockspeed yang sama, tetapi semua proses perhitungan dibagi kepada 2 inti prosesor tersebut. Logikanya, menggunakan prosesor multi-core akan mempercepat perhitungan algoritma yang dikerjakan sebuah sistem PC. Diibaratkan, berpikir sebuah pekerjaan dengan menggunakan dua otak, tentunya pekerjaan itu akan lebih cepet beres. Produsen prosesor terkemuka di dunia (Intel dan AMD), mengembangkan teknologi dual core ini karena tuntutan aplikasi-aplikasi yang semakin tinggi atas prosesor yang memiliki tingkat komputasi yang tinggi. Karena pengembangan prosesor dengan menggunakan satu inti sudah mulai stagnan, maka mulai dikembangkan prosesor yang memiliki inti prosesor lebih dari satu.

 

Keuntungan Bisnis Jual Beli Domain

Kali ini saya mau membicarakan mengenai "Expired Domain" atau domain yang telah habis masa sewanya. Seperti yang kamu mungkin kebanyakan sudah tau, kalo kita menyewa sebuah nama domain biasanya minimal kontrak adalah selama 1 tahun dan setelah itu kita harus perpanjang lagi, dan seterusnya.
Nah ada kalanya seseorang lupa memperpanjang nama domain dia, atau mungkin dia sudah pensiun dari dunia bisnis online dan mengerjakan hal lain atau mungkin dia memutuskan untuk berhenti mengikuti sebuah program di Internet, jadi akhirnya dia biarkan saja domain itu expired.

Supaya kamu tau aja, tiap harinya itu ada ribuan bahkan jutaan nama domain yang expired, domain yang dibiarkan expired itu sebenarnya masih memiliki potensi yang sangat besar, misalnya saja tidak sedikit domain expired itu sudah memiliki Google PR yang tinggi, link relevant yang berkualitas dan masih memiliki trafik.

Bayangkan sementara banyak pemilik situs/blog yang bersusah payah mencari backlink di mana-mana untuk meningkatkan PR blog/websitenya, seseorang dapat dengan mudah membeli sebuah nama domain yang expired dan sudah memiliki  PR 3 atau 4 tanpa harus susah payah melakukan "link building campaign" dan langsung mendapatkan "trafik instan" tanpa harus melakukan promosi apa-apa lagi.
Tapi hati-hati, jangan sembarangan beli expired domain karena kamu harus tau juga alasan kenapa domain itu dibiarkan expired? Jangan nantinya kamu membeli domain yang terlibat dalam aktivitas spamming atau hal buruk lainnya. Salah satu cara mengetahui apakah domain itu baik atau tidak adalah dengan mengecek inlink ke domain tersebut.

Inlink itu bisa dibilang sebagai link yang mengarah ke sebuah website atau biasa juga disebut dengan backlinks. Untuk mencari inlink sebuah website kita bisa memakai Yahoo Site Explorer yang akan mengembalikan data inlink atau backlinks ke sebuah domain.

 
Dari data ini kamu bisa explor mana saja link yang masih aktif dan juga apakah link yang aktif itu relevan dengan tema domain yang sudah expired tersebut.

Untuk membeli domain yang sudah expired kamu bisa kunjungi  Pool.com
Sedikit tentang  Pool.com adalah salah satu tempat terbaik untuk masalah jual beli domain. Jadi kesimpulannya, ada banyak hal yang bisa kamu  buat dengan membeli expired domain antara lain adalah:

1. Dijual lagi dengan harga yang lebih mahal, misalnya kamu beli dengan harga $20, nanti bisa kamu jual seharga $30-40, tempat yang bisa kamu datangi buat jualan domain antara lain sedo atau afternic
2. Buat isi website baru dengan nama domain itu, lalu jual lagi berikut dengan isi-isinya. Kalau ini untungnya tentu bisa lebih besar ketimbang hanya menjual domainnya saja.
3. Jual link di Backlinks dengan catatan domain yang kamu beli sudah memiliki PR minimal 1. Keuntungan menjual link adalah kamu bisa mendapatkan bayaran bulanan dari Backlinks.
4. Monetize dengan Ads seperti AdSense, AdBrite, Amazon, dsb. Dengan adanya trafik dari link-link yang dahulu, kita sekarang tinggal menyediakan kontennya saja. (Membeli expired domain adalah salah satu cara paling cepat untuk dapatin trafik)
Jadi mungkin kamu bisa mempertimbangkan peluang bisnis online yang satu ini :-)
 
 

Tips Membuat Produk Yang Menjual

Dari sini semuanya bermula, apakah nasehat ini dilakukan atau tidak, pengusaha setuju bahwa tidak ada bisnis yang dapat bertahan tanpa passion.

Passion adalah isu emosional. Seperti layaknya bisnis dan penciptaan produk yang akan mempertahankan bisnis harus dimulai dengan apa yang kita ketahui dengan baik.

Pengusaha memiliki gaya bisnis dan pendekatan yang beragam. Masing-masing berdasarkan teknik yang diajarkan oleh lingkungannya yang memungkinkan membuat keputusan dan deviasi.

Namun ada metode umum yang telah teruji di semua bisnis dan tanggapannya terhadap penciptaan produk:

1.Setahap demi setahap. Seperti halnya meciptakan pekerjaan yang aktual, dimulai dengan perencanaan yang sangat hati-hati.

Mulai dan tuliskan. Buatlah rancangan produk yang ada dipikiran anda. Dengan menulisnya anda akan berhadapan langsung dengan ide. Apa yang sebelumnya abstrak menjadi lebih hidup. Anda dapat menambahkan, mengurangi, memperkaya, mempelajarinya dari semua sudut yang memungkinkan, membuat revisi dan alternatif atau terkadang menulis ulang hingga apa yang sebelumnya hanya berupa ide menjadi sebuah bentuk.

2. Gunakan waktu anda dan nikmati rencana anda. Terburu-buru hanya akan menciptakan hasil yang tidak diinginkan.

3. Spesifik - Buatlah kata kunci yang spesifik. Jangan lupa menyertakan daftar pertanyaan berikut. Apakah tujuannya? Rencana apa yang ingin anda raih?

4. Penciptaan produk ditujukan untuk kebutuhan tertentu yang tidak ada dipasar. Jika sebuah produk telah memilikinya, versi anda harus menawarkan sesuatu yang baru sehingga menimbulkan ketertarikan dan memberikan alternatif tertentu yang dapat bertahan lama daripada yang sudah ada. Semakin populer ketersediaan produk, akan semakin baik untuk pengenalan produk anda di pasar dan penerimaannya.

5. Penciptaan produk harus membidik segmen pasar tertentu, yang terbaik adalah mengidentifikasi sebuah produk dengan segmen yang lebih kecil, misal kelompok usia yang ingin anda dapatkan, pria atau wanita, kelas/status konsumen yang anda bidik. Ini akan membantu anda untuk tetap fokus.

6. Jika anda seorang pembelanja, anda akan menemukan bahwa produk baru akan dengan mudah tersesat di hutan belantara produk yang telah ada. Jika anda mengunjungi toko online di internet , anda akan berpikir bahwa semua produk yang tersedia untuk dikonsumsi telah ada di luar sana. Tapi mimpi masih menghantui anda. Anda tahu sesuatu masih bisa dilakukan. Jadi elemen apa saya yang dapat meningkatkan kesempatan produk anda di penentrasi pasar?

7. Mencoba ceruk pemasaran. Ceruk pemasaran adalah menempatkan produk anda pada kategori khusus untuk memenuhi keinginan tertentu. Beberapa strategi yang telah diuji menemukan tempat di hati konsumen, misalnya, produk rendah karbohidrat, rendah kalori, protein tinggi, bebas gula, tanpa lemak, menambah energi, tahan lama, dan sederatan lainnya sehingga orang tidak segan berbelanja dengan uangnya. Ceruk pemasaran membuat produk anda lebih spesifik bagi orang dengan kebutuhan spesifik.

8. Memberikan nama. Bagian yang sulit telah dilewati. Kini saatnya memberi nama produk anda. Sebuah poin yang perlu dipertimbangkan adalah, kata-kata yang mendatangkan ide. Misalkan disebutkan awan gelap datang, ide yang muncul dalam pikiran adalah angin dingin, hujan, atau bahkan akan datang badai.

Seseorang tidak harus beranjak keluar dan melihatnya. Ide sudah ada disana. Sebaliknya, dengan segera mengambil kata, ide akan kehilangan maknanya. Akan kehilangan identitasnya dan tidak menjadi apapun. Inilah mengapa nama menjadi sangat penting. Begitu juga dengan label serta pengemasan.

Mudah untuk mengingat nama yang pendek adalah hal yang menakjubkan terlebih jika kemasan produk sangat menarik.

Terkadang, tidak peduli apa yang dibilang orang bagus dan dot.com yang atraktif yang menarik trafik produk anda sehingga dapat memperkaya nilai yang diterimanya.

9. Ucapkan lagi. Pengulangan yang konstan. Pengulangan di pikiran. Ini adalah maksud dari pertempuran. Ini sebabnya mengapa firma marketing memperpanjang pemasangan iklan. Bagi beberapa produk, newsletter dan brosur dapat digunakan.

10. Segera Bertindak. Anda telah memiliki semuanya untuk diluncurkan. Channel distribusi telah diputuskan, model distribusi juga telah dipilih. Anda membuat produk anda tersedia, visibel dan kompetitif. Kemudian anda menahan nafas. Pada saat produk dikenalkan, pangsa pasar yang luas akan bereaksi. Ketika hal itu terjadi, daya tahan produk akan tergantung pada seberapa bagus produk anda seperti yang dijanjikan.

Sekarang yang perlu anda pikirkan adalah keuntungan kompetitif yang anda dapatkan.